Seni dan Budaya

Seni dan Budaya

Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti menyelenggarakan pameran karya kolaboratif dengan tema “ArtSilience”. Pameran ini melibatkan 38 seniman yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan alumni FSRD Usakti. Bertempat di 2Madison Gallery, Jl. Bangka Raya no.20, Jakarta Selatan, pameran berlangsung sejak 5 – 12 Februari 2022.  Pameran ini dikuratori oleh Elda Franzia Jasjfi, menampilkan 65 karya seni 2D dan 3D yang merupakan narasi ekspresi kegelisahan dan respon para seniman terhadap kondisi di tengah pandemi Covid-19.

Pengantar Kuratorial ArtSilience Exhibition

Catalog ArtSilience Exhibition 2022

https://drive.google.com/file/d/1EbfvMgWnWf84Wjy98-fgegmY8nt8WpbI/view?usp=sharing

Sebagai rangkaian acara diselenggarakan Artist Talk pada tanggal 8 Februari 2022 secara daring melalui Zoom meeting, dengan pembicara adalah para artist perwakilan program studi, yaitu: Gihon Nugrahadi (Prodi Desain Produk), Atridia Wilastrina (Prodi Desain Interior), Yosua Reydo Respati (Prodi DKV), Silviana Tahalea (Prodi Fotografi), AG Andi Hismanto (Prodi Magister Desain Produk).

 

Seminar Hari Kartini dan Pendidikan Nasional dengan tema “Semangat Perempuan Indonesia Masa Kini, Inspiratif, Kreatif dan Inovatif” diselenggarakan untuk mengapresiasi perempuan Indonesia dalam pendidikan dan peran serta dalam industri kreatif, seni dan budaya. Para pembicara merupakan tokoh-tokoh perempuan Indonesia yang menginspirasi dan berprestasi, yaitu:

  • Ratih Sanggarwaty (Motivator, PT Ratih Sang Indonesia)
  • Eridani Zulviana (Sepiring Indonesia, Alumni DKV)
  • Sylvie Arizkiani (SylvieRomy Math+Art Design, Alumni Desain Interior dan Magister Desain Produk)
  • Annisa Rahmania (Pemerhati Aksesibilitas Tuli, Alumni DKV)

Seminar ini didukung oleh Juru Bahasa Isyarat (JBI) untuk inklusivitas bagi Teman Tuli.

Diselenggarakan pada Minggu, 2 Mei 2021 melalui Zoom Meeting.

Projek mural “Santun Antar Sesama, Hormat Pada Lingkungan” merupakan mural yang dibuat untuk meningkatkan estetika lingkungan di perumahan Nusaloka, sektor 14 – 5, BSD. Projek ini merupakan bentuk translasi dari kearifan lokal ke visual yang berunsur sejarah, mitologi, nilai adat istiadat suku, cerita rakyat, geografi, tradisi ladang dan iklim tropis. Dekoratif diturunkan dari batik pesisir utara Jawa, wayang kulit, dan lukisan kaca Cirebon. Semua itu menjadi isi mural supaya kita tetap berhubungan dengan nilai, keyakinan, sistem, norma dan identitas keragaman budaya yang kita punya.

Pengeroyok: Jun, Manda, Elma, Susi, Vina, Iren, Ipang, Alvin, Rian, Sugab, Musa, Jansen, Adit, Gusse

Diselenggarakan pada 8 Juli 2020.

Happening art dalam acara puncak 50 tahun FSRD Universitas Trisakti oleh kak Dibal (Alumni DKV 90 dari Kitapoleng Bali) dan mahasiswa dari Komunitas Hitam Putih FSRD Universitas Trisakti mengangkat judul “Jagat Tirtha”.

Jagat Tirtha adalah karya yang terinspirasi dari tari sakral Bali primitif yang sudah ratusan tahun yaitu barong brutuk, yang merupakan simbol manifestasi para leluhur. Masyarakat Bali percaya bahwa pecutannya adalah penolak bala, dan setelah itu kembali ke nol yaitu dengan melukat atau pencucian diri dengan air suci.

Diselenggarakan pada Sabtu, 23 November 2019, di FSRD Universitas Trisakti.

 

Workshop ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Universitas Trisakti ke-54, yang diikuti oleh para dosen FSRD Universitas Trisakti dan masyarakat umum.

Kegiatan workshop Wire Jewellery merupakan kegiatan eksperimen membuat perhiasan dengan menggunakan kawat alumunium dan batu hias.

Diselenggarakan pada Kamis, 31 Oktober 2019, di Gedung R lantai 1, FSRD Universitas Trisakti.

Kolaborasi graffiti dalam rangka 50th FSRD Universitas Trisakti oleh Darbotz (Alumni DKV 2000) dan Bima (Alumni DKV 2007).

Kolaborasi untuk meniadakan batas, menerima perbedaan dan meningkatkan kualitas. Karya kolaborasi ini meleburkan 2 gaya street art yang berbeda dari 2 street artist yang berpengaruh.

Diselenggarakan pada Jumat, 25 Oktober 2019 di Pelataran ON, FSRD Universitas Trisakti.

Workshop batik painting dalam rangka kegiatan 50th FSRD Universitas Trisakti dilaksanakan untuk siswa-siswi SMAN 70 Jakarta.

Teknik batik painting ini disebut juga teknik batik dingin. Berbeda dengan teknik batik yang menggunakan malam panas, teknik batik dingin Gutta Tamarind menggunakan bahan dasar bubuk asam Jawa dan lemak nabati.

Instruktur: Dra. Atridia Wilastrina, M.Ds

Diselenggarakan pada Jumat, 11 Oktober 2019, di Galeri N lantai 1, FSRD Universitas Trisakti.

Berbagai sudut di Jakarta mungkin tidak diketahui masyarakat luas. Seluk beluk dan gang yang menyimpan berbagai cerita dari berbagai kalangan, sesekali dinikmati dengan berjalan kaki, bermodal topi, dan dipererat dengan kopi. FADeS (Friday Art and Design Session) mengulik spot urban ini dan menumpahkannya dalam karya sketsa yang dipamerkan untuk dinikmati bersama.

  • Workshop Menggambar Eksploratif, Minggu 22 September 2019.
  • Workshop Kolase, Minggu 29 September 2019.
  • Sesi Berbagi bersama Beng Rahadian dan Ferdinand Indrajaya, Sabtu 5 Oktober 2019.
  • Workshop Live Drawing, Sabtu 12 Oktober 2019.

Diselenggarakan pada 12 September – 12 Oktober 2019 di Ruang Setara, Jl. Pejaten Raya No. 14A, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pameran poster film yang didesain ulang dari judul film yang sudah pernah ada, merupakan aplikasi teknik fotografi dengan eksplorasi ide dan kreativitas. Poster merupakan karya mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual angkatan 2015-2017 peserta mata kuliah Fotografi Aplikatif.

Poster film yang ada direkonstruksi untuk menghasilkan poster baru, dengan menitikberatkan pada teknik fotografi studio dan lighting, yang dikombinasikan dengan kemampuan desain dan tata letak desain komunikasi visual. Ide baru ini dapat menambah, membongkar, bahkan merusak ide poster film yang lama.

Diselenggarakan pada: Rabu, 26 Juni 2019, di Galeri Gedung N lantai 1, FSRD Universitas Trisakti.

Kegiatan workshop diselenggarakan atas kerja sama Komunitas 22 Ibu dengan FSRD Universitas Trisakti, untuk mengenalkan teknik batik dengan menggunakan media bubur tamarin. Berbeda dengan teknik batik yang menggunakan malam panas, teknik batik Gutta Tamarind menggunakan bahan dasar bubuk asam Jawa dan lemak nabati.

Peserta terdiri dari para dosen di lingkungan FSRD Universitas Trisakti dan masyarakat umum yang tertarik dengan teknik batik yang baru dikenalkan. Pada akhir workshop, peserta menghasilkan karya yang menarik dan mendapat pengalaman estetik baru.

Instruktur: Dra. Atridia Wilastrina, M.Ds

Diselenggarakan pada Jumat, 3 Mei 2019, di Galeri R lantai 2, FSRD Universitas Trisakti.

Pameran ini diselenggarakan atas kerja sama Komunitas 22 Ibu dengan FSRD Universitas Trisakti, mengusung karya 43 perupa dari Bandung, Jakarta, Bali, Israel, Jepang, Bangladesh, Portugal dan Spanyol.

Reinterpretation of Mooi Indie, merupakan suatu proses interaksi antara objek dan pemandang yang dapat memiliki suatu makna dalam bentuk ide kreatif. Komunitas 22 Ibu mencoba merekam keindahan di masa lalu dalam perspektif kekinian yang diintrepretasikan menjadi karya lukisan batik dengan teknik Gutta Tamarind. Selain itu beberapa seniman mancanegara turut menghadirkan karya dalam substansi yang sama.

Kurator: Tasri Jatnika, S.Sn, MM

Diselenggarakan pada: 26 April – 10 Mei 2019, di Galeri Gedung R lantai 2, FSRD Universitas Trisakti.

Workshop Basic Lino Printing diselenggarakan oleh Pusat Studi Reka Rancang dan Visual FSRD Universitas Trisakti bagi peserta umum, sekaligus memeriahkan acara Pasar Desain Trisakti.

Teknik Lino Printing adalah metode cetak menggunakan lembaran linoleum (seperti karet) yang diukir dengan alat cukil untuk mendapatkan dimensi garis putih dan gambar ketika dicetak di atas media. Workshop ini menggunakan rice paper dan tote bag dari kain blacu sebagai medianya.

Instruktur: Rhomina Hestiningtyas, S.Sn

Diselenggarakan pada: Sabtu-Minggu, 2-3 Februari 2019, di Museum Bank Indonesia, Kawasan Kota Tua, Jakarta.

Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dan acara penutup dari Pameran “Titik Nol” yang diselenggarakan oleh FADeS dan FSRD Universitas Trisakti.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari Program Studi Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Desain Produk, untuk mengembangkan kemampuan eksploratif dan memahami keterkaitan seni rupa dan desain, untuk menghasilkan karya poster sebagai hasil workshop ini.

Diselenggarakan pada: Jumat, 7 Desember 2018, di Studio Lukis FSRD Universitas Trisakti.

Pameran karya proses Titik Nol diselenggarakan oleh FADeS (Friday Art and Design Session” dan FSRD Universitas Trisakti, menampilkan karya-karya proses dari 15 peserta mahasiswa dan alumni FSRD Universitas Trisakti dari Program Studi Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Desain Produk.

Titik Nol adalah tema yang diangkat sebagai pernyataan dari para peserta tentang titik berangkat untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman mengenai konteks, isu dan persoalan. Karya proses ini menekankan pentingnya eksplorasi gagasan serta eksperimen teknik dan penguatan imajinasi, ekspresi, interpretasi, dan konsepsi.

Kurator: Drs. D. Adikara Rachman, MA

Diselenggarakan pada: 29 November – 6 Desember 2018, di Galeri Gedung N lantai 1, FSRD Universitas Trisakti.

Partisipasi dosen FSRD Universitas Trisakti pada acara Kampung Indonesia di Kungstradgarden, yang merupakan pameran seni tradisional dan riset. Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Swedia untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia.

Menampilkan tari tradisional oleh Dr. Cama Juli Rianingrum, M.Si dan Dr. Menul T. Riyanti, M.Pd. Selain itu menampilkan karya penelitian dari Program Studi Desain Interior, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Fotografi, dan karya fashion tenun dan batik.

Diselenggarakan pada: 27-28 Juli 2018 di Stockholm, Swedia.

Pameran seni visual karya tugas akhir Ruslan Abdul Gani, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD Universitas Trisakti.

Karya-karya visual yang dipamerkan mengolah elemen seni rupa sebagai dasar pendidikan desain. Karya yang ditampilkan antara lain mengangkat judul “The Highest Result of Education is Tollerance” dan “Good Design for Better Humanity”.

Diselenggarakan pada: 20-21 Maret 2018 di Galeri Gedung N lantai 1, FSRD Universitas Trisakti.