Berita

Berita Thumbnail
Sabtu, 14 November 2020
Oleh: Admin

Webtalk Behind The Product #3 : Perspektif Baru Dalam Desain Kemasan

Berita dari FSRD Usakti :

Webtalk Behind The Product #3 : Perspektif Baru Dalam Desain Kemasan

Acara Webtalk Behind The Product #3 dengan judul Perspektif Baru Dalam Desain Kemasan – Sudut Pandang Berbeda Dalam Dunia Kemasan, diselenggarakan oleh Program Studi Desain Produk FSRD Universitas Trisakti bersama Aliansi Desain Produk Industri Indonesia (ADPII) pada Sabtu, 14 November 2020 di Zoom Cloud Meeting.

Acara ini dibuka oleh Dekan FSRD, Dr. Sangayu Laksemi N., M.Ds dan dihadiri oleh para mahasiswa, dosen, pengusaha UMKM dan sebagai pemandu acara adalah Atika Suri, Pemimpin Redaksi RCTI yang juga merupakan alumni program studi Desain Produk.

Pemateri pertama, Damayanti Budiratri, selaku product designer dan packaging consultant pada pelatihan IKM dan UKM di Indonesia, menjelaskan tentang sejarah dan fungsi kemasan dalam melindungi produk yang ada di dalamnya, dengan pertimbangan bahan baku dan sistem produksinya.

Perkembangan kemasan di Indonesia, pada awalnya menggunakan bahan-bahan alam yang saat itu mudah didapat di mana-mana, kemudian saat ini kemasan juga berfungsi sebagai silent marketing dan pendukung brand product.

Pemateri kedua, Gigih Budi Abadi, selaku graphic designer, praktisi branding dan co-founder Dagadu Jogja, menjelaskan tentang kemasan yang memanfaatkan sumber daya lokal daerah, sehingga berdampak pada ekonomi masyarakat, sumber daya manusia, sumber daya alam dan lingkungan.

Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai kemasan. Melalui pengembangan desain pada kemasan lokal, dapat meningkatkan daya darik dan brand product lokal.

Dengan demikian, desainer berperan dalam mengembangkan kepekaan terhadap produk-produk lokal, sehingga dapat mengembangkan UMKM sebagai sektor pendukung perekonomian Indonesia.