Berita

Berita Thumbnail
Minggu, 06 Desember 2020
Oleh: Admin

Seminar Daring Resiliensi Budaya Urban di Era Pandemi

Berita FSRD Usakti :

Seminar Daring Resiliensi Budaya Urban di Era Pandemi

Program Studi Magister Desain Produk menyelenggarakan seminar daring dengan tema “Resiliensi Budaya Urban di Era Pandemi” pada hari Sabtu, 5 Desember 2020 melalui Zoom Meeting. Seminar ini digagas dalam rangka Dies Natalis ke-55 Universitas Trisakti, untuk menambah wawasan keilmuan peserta dari berbagai institusi. Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FSRD, Dr. Sangayu Ketut Laksemi N., M.Ds.

Sebagai pembicara adalah Prof. Dr. Yasraf Amir Piliang, MA, Guru Besar FSRD ITB, seorang filsuf, pemikir kebudayaan, pengamat sosial, pendiri Yasraf Amir Piliang Institut, penulis dari banyak buku yang menjadi referensi keilmuan seni dan budaya.

Gaya hidup di perkotaan merupakan sesuatu yg sangat sentral dibicarakan, termasuk juga representasi artistik dalam berbagai bentuk. Resiliensi memiliki pemahaman bagaimana masyarakat urban bereaksi di masa pandemi ini dan membentuk budaya baru. Pandemi menyebabkan terjadinya deteritorialisasi urban, ketika teritori yang mapan di perkotaan digoyahkan oleh virus Covid-19 dan membentuk teritori baru, atau reteritorialitas urban.

Virus mengganggu material fisikal kultur di perkotaan, sehingga beralih ke immaterial digital culture dalam bentuk globalisasi digital. Budaya New Normal menjadi bentuk daya tahan. Orang-orang yang plastis dan fleksibel akan mampu bertahan, memiliki kekuatan resiliensi dan membentuk resiliensi budaya melalui tindakan kreatif.

Semoga melalui seminar ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan keilmuan budaya dalam menanggapi situasi pandemi Covid-19 ini.

Sumber Berita : Humas FSRD Usakti