Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 11 Januari 2022
Oleh: Admin

Panen Eco Enzyme

Pada tanggal 28 September 2021 yang lalu, Fakultas Seni Rupa dan Desain mengadakan Workshop “Kita Merawat Bumi dengan Eco Enzyme, Larutan Sejuta Manfaat”. Pada kesempatan ini pula dilakukan demo pembuatan Eco Enzyme yang berbahan limbah bermacam-macam kulit buah dan molase tetes tebu murni sebagai bahan campurannya dengan perbandingan molase, sampah dan air sebanyak 1:3:10.

Bahan Eco Enzyme disimpan di tempat yang bertemperature suhu ruangan, ditutup rapat, tidak boleh terkena udara, dan disimpan selama minimal 100 hari. Pada 7 Januari 2022, Eco Enzyme sudah memenuhi syarat untuk dipanen. Kegiatan panen Eco Enzyme dipandu oleh Ibu Emy Yuli S, SE, salah satu Purnabakti Tenaga Kependidikan yang aktif sebagai pembuat Eco Enzyme, yang menerangkan kepada Kepala Tata Usaha, Subag Umum dan Tenaga Kebersihan FSRD Usakti langkah-langkah pemanenan Eco Enzyme tersebut.

Eco Enzyme yang baik adalah yang beraroma wangi dan segar, ciri khas aroma fermentasi. Hasil panen Eco Enzyme tersebut rencananya akan dimanfaatkan oleh Tenaga Kebersihan untuk bahan larutan pembersih toilet, lantai, piring dan pupuk tanaman. Pemakaian Eco Enzyme secara berkelanjutan diharapkan dapat mengurangi pemakaian sabun dan dapat menyelamatkan bumi.

Sumber berita : Humas FSRD